Sunday, September 03, 2006

Ke Mana Manusia akan Dievakuasi?



Jumlah manusia semakin hari semakin bertambah. Namun ukurun bumi tercinta yang sedang kita tempati sekarang tidak akan bertambah!! Nah, kalau saja bumi sudah tidak mampu lagi menampung manusia, ke mana kita akan pindah?
Saat ini dua tim peneliti internasional bertempat di Cile dan Selandia baru serta dibantu ratusan sukarelawan tengah mencari pertanda microlensing. Apa itu microlensing?? Microlensing atau gravitational micro-lensing adalah strategi baru yang menggunakan pembelokkan cahaya untuk mendeteksi benda-benda mirip bumi yang sulit teramati.
Dan hasilnya, telah ditemukan 4 planet baru. Salah satunya terletak didekat Scorpio, sebuah objek "bersalju" dengan massa 5,5 kali bumi. Planet itu merupakan planet exosolar(planet di luar tata surya) terkecil yang tertangkap tengah mengorbit bersama sebuah bintang normal. Dari 4 planet yang ditemukan, tak ada yang cukup bersahabat bagi manusia. Mereka terlalu jauh dari matahari atau bintangnya, dan terlalu dingin untuk sebuah kehidupan.
Ok dech...semoga penyelidikan mendatang dapat menemukan planet yang cukup aman dan bersahabat bagi manusia..:) Apalagi dengan akan diluncurkanya alat buatan NASA, Microlensing planet Finder pada 2012 nanti. Teleskop ruang angkasa ini dibuat untuk mendata galaksi kita. Jika jadi diluncurkan, bisa menjadi peluang untuk mendeteksi planet-planet di zona aman.
(Sindo)

2 comments:

escoret said...

oooalahhhh..dr koran sindo thoo...!

anik said...

hehe...masih belajar nulis. Jadi ide-idenya belum orisinil! :D